EVALUASI SAKIP & RB 2020

Pacitan – Menindaklanjuti surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : B/149/RB.04/2020 Tanggal 26 Agustus 2020 tentang Undangan Pelaksanaan Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2020 dan surat Nomor : B/200/RB.04/2020 Tanggal 26 Agustus 2020 tentang Undangan Pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi Tahun 2020, pada hari Kamis Tanggal 3 September 2020 bertempat di Ruang Video Conference Bupati Pacitan diadakan evaluasi pelaksanaan RB dan SAKIP secara daring. Dimana pada kali ini Dra. Eny Setyowati, MM. sebagai Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pacitan sebagai presentator dipilih untuk mewakili presentasi dari beberpa OPD yang ada.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Evaluasi SAKIP merupakan upaya meningkatkan capaian kinerja instansi pemerintah melalui berbagai upaya pengelolaan organisasi. Rekomendasi hasil evaluasi digunakan dalam perbaikan pada periode yang akan datang. Dengan memadukan rekomendasi hasil evaluasi dan menerapkan upaya peningkatkan capaian evaluasi diharapkan laporan kinerja yang dihasilkan akan lebih baik dan bermanfaat dalam mewujudkan capaian kinerja.

Berbeda dengan SAKIP. Reformasi birokrasi (RB) pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut 8 aspek perubahan yaitu (1) Mental aparatur (2) Organisasi (3) Tata laksana (4) Peraturan perundang-undangan (5) Sumber daya manusia aparatur (6) Pengawasan (7) Akuntabilitas (8) Pelayanan publik.

Berbagai permasalahan/hambatan yang mengakibatkan sistem penyelenggaraan pemerintahan tidak berjalan atau diperkirakan tidak akan berjalan dengan baik harus ditata ulang atau diperharui. Reformasi birokrasi dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Dengan kata lain, reformasi birokrasi adalah langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan. (rizky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *