PELATIHAN MANAGEMENT PENGELOLAAN UMKM DI LOKASI WISATA SENTONO GENTONG

Dadapan – Dilaksanakan tanggal 10 September 2020 di lokasi wisata Sentono Gentong Desa Dadapan sebagai salah satu upaya mendukung kemajuan umkm dan pengembangan wisata di masa pandemi covid 19. Pembukaan acara pelatihan dihadiri oleh Kepala Desa Dadapan Ismono dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Eny Setyowati dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Eny Setyowati yang mengapresiasi sinergi Kepala Desa Dadapan sehingga terlaksananya acara pelatihan dan bisa bermanfaat untuk memajukan tempat wisata sentono gentong. Selain itu Eny Setyowati juga menambahkan bahwa pelatihan ini fokus pada peran pelaku UMKM yang akan mendukung lokasi tempat wisata Sentono Gentong sehingga memberikan pelayanan terhadap pengunjung untuk mendapatkan berbagai produk atau jasa yang dibutuhkan pengunjung baik itu kuliner oleh-oleh atau souvenir.

Eny Setyowati juga memberikan penekanan pada bagaimana mengoptimalkan tempat wisata dengan manajemen UMKM yang bagus sehingga memberikan kualitas makanan yang sehat serta nyaman untuk pengunjung. Dan harapan beliau yaitu muncul ikon makanan UMKM yang khas dan bisa menjadi nilai tambah dan daya tarik bagi obyek wisata Sentono Gentong.

Dalam pelatihan ini materi diberikan oleh konsultan PLUT KMUKM Pacitan meliputi Smita Catur Sudyantara, Adi Ari Wibowo, Arofik, Indri Rosita, Farid Rahmawan, dan didukung oleh pendamping UMKM yaitu Nita yuliana dan Nurul fima. Pemberian materi berkaitan dengan manajemen usaha dan pengembangan usaha dilokasi wisata oleh tim.

Indah S selaku peserta yang memiliki usaha kuliner menyampaikan rasa senang mengikuti pelatihan dan berharap bisa istiqomah mengembangkan usahanya di Sentono Gentong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *